Solusi Praktis Instalasi HVAC yang Hemat Energi
Back 09/16/2020



Setiap bangunan biasanya memiliki instalasi sistem tata udara dan kelistrikan. Tidak hanya di gedung perkantoran dalam skala besar, sektor perumahan dalam lingkup yang lebih kecil juga memiliki sistem tersebut yang sering disebut HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning). Sistem ini dibuat untuk mengatur kualitas termal dan udara dalam suatu ruang tertentu.

 

Dalam pemasangannya, instalasi HVAC ini harus direncanakan dengan baik. Sebagai contoh, apabila bangunan salah dalam menentukan kapasitas AC di sebuah ruangan, maka ruangan tersebut tidak bisa memenuhi kondisi dingin yang diinginkan.

 

Sebagai solusinya, terdapat sistem Isover Climaver dari Saint-Gobain. Sistem ini adalah solusi yang praktis untuk instalasi HVAC. Sistem ini tidak hanya meningkatkan kenyaman termal dan akustik bagi penghuni, tetapi juga memaksimalkan efisiensi energi pada saat yang bersamaan.

 

Dibanding sistem konvensional, Isover Climaver dari Saint-Gobain dinilai lebih baik dalam instalasi HVAC. Proses fabrikasi pada sistem Climaver dapat menghasilkan sambungan yang presisi dengan kemungkinan kebocoran yang sangat kecil sehingga kinerja sistem HVAC menjadi lebih baik dan hemat energi.

 

Selain itu, sebagai produk alternatif yang dirancang untuk menggantikan sistem saluran udara konvensional (panel metal berinsulasi), Isover Climaver memberikan keuntungan dari segi waktu pemasangan yang lebih cepat sehingga menghemat biaya dengan material sisa yang minim. Singkatnya, sistem Isover Climaver dari Saint-Gobain ini memiliki keunggulan hemat waktu, hemat tempat, dan hemat biaya.

 

Jika dari segi efisiensi energi, inilah keunggulan Isover Climaver dibanding sistem konvensional:

  1. Jalur AC dapat mempengaruhi efisiensi energi pada sistem pendingin udara melalui 2 faktor yaitu insulasi termal dan kedap-nya udara.
  2. Isover Climaver dibuat dari papan glasswool  dengan kepadatan tinggi. Dengan metode fabrikasi berstandar, Isover Climaver dapat memberikan performa insulasi termal yang konstan dan maksimal di semua sisi dan sudut jalur AC (air conditioner)
  3. Isover Climaver memiliki sertifikat Class D untuk performa ketahanan kebocoran udara (EN 13403). Ketahanan kebocoran udara yang jauh lebih baik daripada material jalur AC pada umumnya.
  4. Dengan performa tersebut, Isover Climaver mampu menghadirkan penghematan energi secara signifikan yakni mengurangi energy loss dari sistem AC hingga 9 kali lipat *

 

*penghematan bervariasi tergantung sistem AC pada ruangan.