Industri Penerbangan dan Luar Angkasa

Saint-Gobain menyediakan cakupan produk-produk berkinerja tinggi bagi para pemangku kepentingan di pasar penerbangan dan luar angkasa

Untuk industri penerbangan

Abrasif dari Saint-Gobain Abrasive baik itu coated maupun bonded digunakan pada kipas turbin dan penutup mesin pesawat terbang. Saint-Gobain Ceramic Materials memproduksi bubuk keramik dan logam cair untuk pelapisan anti panas dengan daya tahan tinggi. Pelapisan inovatif ini digunakan oleh produsen mesin pesawat terbang sebagai penahan tempratur tinggi untuk melindungi komponen-komponen penting di bagian mesin yang panas.

Saint-Gobain ADFORS memproduksi serat kaca Vetrotex, yang digunakan untuk bagian-bagian komposit dalam pesawat terbang agar memiliki karakteristik tahan benturan dan panas.

Melalui Saint-Gobain Performance Plastics, Group kami menyediakan berbagai cakupan akan plastik berkinerja tinggi yang khusus dirancang untuk pasar penerbangan dan dapat bertahan pada suhu ekstrim: bearing, sarung kabel, sekat dan busa, struktur plastik tempat duduk penumpang, lapisan plastik film untuk cetakan komposit, dll.

Saint-Gobain Performance Plastics juga memasok radome pesawat terbang. Radome adalah kubah yang terbuat dari bahan komposit yang melindungi sistem radar meteorologi dan antena satelit komunikasi. Berkat radome Saint-Gobain, penumpang saat ini dapat terhubung dengan internet dan menonton siaran televisi selama penerbangan.

Sebagai tambahan, lebih dari 50 tahun, Saint-Gobain Sully telah memproduksi jendela berteknologi tinggi untuk industri penerbangan. Secara khusus, perusahaan ini memproduksi jendela kokpit dengan kaca Solidion® untuk penerbangan komersil, jet pribadi dan helikopter, serta kaca depan dan kanopi akrilik untuk pesawat tempur.

Untuk industri luar angkasa

Saint-Gobain Performance Plastics OmniSeal®, katup ber-pegas berkinerja tinggi yang diproduksi dengan material Fluoroloy® dan komponen polimer dari Meldin®seri 7000 (ring pelaras piston, paking untuk katup poppet, dll.) yang tahan akan tempratur tinggi. Produk-produk ini ada di sistem koneksi gas cair, sistem bertekanan udara, serta pompa bahan bakar dan cairan lainnya didalam mesin roket. Sebagai contoh, Saint-Goban telah memasok katup ini untuk sebagian besar roket yang diluncurkan selama 60 tahun terakhir, termasuk roket SpaceX yang diluncurkan baru-baru ini. Rulon®, bearing dengan lubrikasi otomatis juga digunakan oleh pasar luar angkasa, karena sangat tahan di lingkungan korosif. Produk ini juga terkenal akan sifat lubrikasi-otomatis nya, friksi rendah dan keawetan pemakaiannya.

Saint-Gobain Crystals memproduksi sensor sintilator yang digunakan untuk mendeteksi radiasi (sinar neutron dan gamma) di luar angkasa. Pada tahun 1998, Saint-Gobain memasok spektometer sinar gamma yang dipakai untuk menemukan air berwujud es di permukaan bulan pada misi Lunar Prospector.

Karbit silikon Saint-Gobain Ceramic Materials SIKA®, digunakan untuk memproduksi kaca dan bingkai utama teleskop angkasa luar Satelit Gaia Eropa. Sangat kuat dan tahan akan deraan suhu, produk ini mencegah kerusakan dan penurunan fungsi mekanis yang disebabkan oleh radiasi di luar angkasa.

Saint-Gobain di luar angkasa bersama rover Curiosity

Rover Curiosity NASA memakai laher Rulon® pada lengan robotnya serta pada alat pengeboran dan penggaliannya. Detektor radiasi Curiosity menggunakan sintilator plastik yang diproduksi oleh Saint-Gobain Crystals untuk mendeteksi dan mengidentifikasi neutron. Material ini bercahaya bila terkena radiasi. Sebuah sensor kemudian mengubah reaksi ini menjadi sinyal elektrik, sehingga NASA dapat memperoleh data tentang tingkat radiasi pada permukaan planet.