Sustainability atau Keberlangsungan Hidup
Back 01/07/2020

Sustainability atau Keberlangsungan Hidup

Apa sih sustainability? Jika kita simpulkan dari pengertian ilmiah, sustainability berasal dari kata sustain·able yang berarti seimbang, atau keseimbangan atau keberlangsungan. Dalam konteks ekologi kehidupan, sustainability keberlangsungan ini sering diartikan menjaga keseimbangan kehidupan di bumi atau menjaga kehidupan ekologi yang berada di muka bumi, yakni dengan cara bahwa kehidupan manusia yang membutuhkan hewan dan tumbuhan untuk keberlangsungan hidup menggunakan atau mengeksploitasi sumberdaya tersebut dengan tanpa merusak ekologi atau keseimbangan ekologi-nya, maka dengan sustainability yang tepat akan mewujudkan keberlangsungan hidup antara sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada akan selalu seimbang baik dimasa kini dan generasi yang berikutnya.

Pengertian sustainability dilansir dari Vanderbit University yang menyebutkan bahwa “Sustainability is broadly defined as meeting the needs of the present generation without compromising the ability of future generations to meet their own needs”, dapat kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia “Pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan kemampuan generasi masa depan dalam memenuhi kebutuhannya”.

Ada beberapa kata atau istilah yang dikaitkan dengan kata sustainability, diantaranya sustainability business. Sustainability business atau dikenal juga dengan istilah green business dapat diartikan sebagian suatu bisnis yang dalam pergerakan bisnisnya meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat, baik pada masyarakat lokal ataupun masyarakat global.

Sustainability business juga merupakan suatu kondisi dimana perusahaan semakin memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan menggabungkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam keputusan bisnis, memproduksi ataupun memasok produk yang ramah lingkungan, dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mempertahankan prinsip-prinsip lingkungan dalam menjalankan bisnis.

Sebagai contoh, untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang industri peranan perusahaan tidak hanya melakukan produksi terhadap produk yang dihasilkan tetapi bagaimana suatu perusahaan dapat mengelola sisa-sisa dari komponen barang produksi atau limbah-nya dapat didaur ulang, yakni dengan menggunakan sistem closed-loop production yang berarti perusahaan mendaur ulang limbah hasil produksi menjadi sumber daya yang dapat digunakan lagi untuk kegiatan produksi.

Selain sustainability business terdapat juga istilah sustainable development. Merupakan suatu konsep yang tujuannya adalah menciptakan keseimbangan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sustainable development menjunjung tinggi prinsip memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan untuk pemenuhan kebutuhan generasi masa depan. Penerapan konsep sustainability development sangat penting diterapkan oleh setiap negara merdeka, baik di sekolah, budaya, desa, kota, atapun dalam keseharian.

Salah satu impelementasi paling menonjol dengan penerapan konsep sustainable development yang dilakukan di Indonesia adalah, penggunaan dana desa yang diberikan pemerintah pusat mendorong desa-desa di Indonesia untuk melakukan percepatan pembangunan, yang mengutamakan pada sisi percepatan fisik, seperti jalan, bangunan, ataupun gedung sekolahan.

Dalam aspek kesehatan impelementasi dari sustainable development di Indonesia dapat kita jumpai pada peningkatkan bangunan-bangunan Rumah Sakit (RS) yang diperlukan untuk memberikan jaminan kepada setiap orang dalam keluarganya untuk hidup sehat.

Dengan penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa konsep-konsep sustanibility atau keberlangsungan dalam kehidupan sangat perlu diterapkan karena apa yang kita lakukan sekarang akan memiliki dampak baik itu dampak positif ataupun dampak negatif, namun bagaimana kita meminimalisir dari dampak negatif ini dengan penerapan konsep-konsep dari sustainability keberlangsunan.